Sakit Tulang Ekor, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit Tulang Ekor, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit tulang ekor pastinya bisa menimbulkan rasa yang mengganggu dan tidak nyaman untuk beraktivitas sehari-hari khususnya ketika anda sedang duduk. Kondisi seperti ini bisa diakibatkan karena cedera yang terjadi pada tulang ekor. Atau bisa juga disebabkan oleh penyakit tertentu. Tetapi rasa sakit yang ada di bagian tulang ekor terkadang dapat muncul tiba-tiba tanpa tahu penyebabnya.

Jika dibandingkan dengan pria, wanita ternyata 5 kali lebih rentan terkena gangguan kesehatan ini. Secara alami ligamen yang berada pada sekitar tulang ekor renggang dan memberikan jalan bayi keluar. Dengan begitu bisa mengakibatkan tulang ekor terasa sakit.

Penyebab Sakit Tulang Ekor

Rasa sakit yang muncul pada tulang ekor biasanya terjadi ketika anda berdiri terlalu lama. Buang air besar, bangkit dari tempat duduk, berhubungan seksual, sampai rasa sakit selama masa menstruasi. Sakit ini dapat menyebar ke area bokong, pinggul dan juga kaki.

Istilah untuk sakit yang muncul pada tulang ekor sering disebut dengan coccydynia atau coccygodynia. Berbagai macam penyebab yang lari sakit ini diantaranya adalah:

Cedera Punggung

Salah satu penyebab munculnya rasa sakit pada bagian tulang ekor yang sering terjadi adalah cedera punggung di bagian bawah. Kondisi ini sering ditandai dengan retak, memar, patah atau terjadi pergeseran pada tulang ekor.

Proses Persalinan Normal

Persalinan secara normal yang lama atau disertai penyulit sampai memerlukan bantuan forced akan membuat kepala bayi menekan bagian atas tulang ekor. Hal ini bisa mengakibatkan tulang ekor ibu terasa nyeri setelah melahirkan.

Kelainan Tulang Ekor

Sakit tulang ekor juga bisa disebabkan karena adanya kelainan bentuk tulang ekor. Tulang ekor sendiri terdiri atas 3 sampai 5 susunan tulang kecil yang ada di bawah punggung.

Tetapi bila jumlah tulang kecil tersebut lebih dari 5 atau terjadi pengapuran pada tulang ekor, hal ini bisa mengakibatkan rasa nyeri saat duduk. Penyebabnya adalah penekanan atau iritasi yang terjadi pada jaringan saraf yang ada di sekitarnya.

Duduk Terlalu Lama

Jika posisi duduk tidak tepat dalam jangka waktu lama bisa memberikan tekanan yang cukup banyak pada tulang ekor. Hal ini dapat menimbulkan rasa sakit dan bisa semakin bertambah parah ketika anda terlalu lama duduk.

Cara Mengatasi Tulang Ekor yang Sakit

Jika anda sakit tulang ekor, maka anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini agar rasa sakitnya bisa reda. Anda bisa memposisikan tubuh dengan agak membungkuk saat duduk. Posisi ini bertujuan untuk mengurangi tekanan yang ada pada tulang ekor.

Sebaiknya anda duduk menggunakan ganjalan bantal yang bentuknya donat atau v. Dengan demikian tulang ekor tidak akan tertekan. Jangan lupa beri kompres hangat maupun dingin pada area tulang ekor. Ini menjadi cara yang paling ampuh untuk meredakan rasa nyeri yang muncul.

Sebaiknya anda menghindari posisi duduk terlalu lama. Anda bisa mencoba untuk berdiri atau berjalan beberapa jam sesudah anda duduk. Hal ini khususnya disarankan bagi anda yang bekerja kantoran.

Di samping itu, ubah posisi duduk dengan mencondongkan tubuh ke depan bisa jadi solusi bagi anda. Tujuannya supaya bisa meringankan rasa sakit tulang ekor.

Jika perlu, anda dapat mengkonsumsi obat pereda rasa sakit seperti ibuprofen dan acetaminophen. Baca aturan pakai yang terdapat di label kemasan secara seksama . Jangan dikonsumsi jika lebih dari dosis yang telah ditentukan. Supaya lebih aman, anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Bila anda sudah melakukan berbagai cara tersebut namun sakit tulang ekor tidak berangsur pulih sampai 6 bulan atau lebih. Maka lebih baik anda berkonsultasi secara langsung ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

You May Also Like

About the Author: banzell

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *