Menghindari Sambaran Petir Saat Traveling, Begini Tipsnya

By | 2 Mei 2017

Menghindari Sambaran Petir Saat Traveling, Begini Tipsnya

Petir lebih sering terjadi pada musim hujan, karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir. Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan.

patir

Kebanyakan dari mereka sedang berada di luar ruangan untuk aktivitas bersantai. Ditemukan ada 152 kematian ketika piknik, 26 kasus kena petir ketika memancing, 15 sewaktu berkemah, dan 14 lainnya saat di kapal

Di saat musim hujan inilah banyak petir akan muncul di angkasa mengiringi gelapnya mendung. Tahukah Anda? Menurut data dari National Weather Service di tahun 2013 disebutkan ada 64 persen kematian yang pemicunya petir semenjak 2006 lalu.

DIkutip dari Okezone, berikut beberapa tetap aman terlindugsi dari petir ketika melakukan traveling:

  • Temukan tempat berlindung. Ada kalanya hujan dengan petir sudah duluan datang ketika Anda masih di luar ruangan. Jika demikian segera cari tempat aman terdekat seperti di dalam mobil atau di dalam ruangan.
  • Jauhi tempat yang berisiko disambar petir. Contohnya adalah pohon tinggi, tiang listrik, lapangan terbuka, dan sebagainya. Jarak Anda dengan objek tersebut minimal dua kali dari ukuran tingginya. Jika banyak pohon di sana dan tidak ada tempat berlindung lainnya, pilih pohon yang paling pendek.
  • Jauhi air dan logam. Keduanya adalah penghantar listrik yang baik. Jadi kalau Anda berada di kapal yang penuh  bahan logam, ada baiknya segera ke daratan. Dan, hindari tempat-tempat basah atau di dekat benda berlogam.
  • Terapkan posisi meringkuk. Cara ini mencegah diri sendiri menjadi objek tertinggi di tempat tersebut. Tapi jangan berbaring karena area jadi lebih luas dan lebih berisiko tersambar petir.
  • Amati ramalan cuaca terkini. Ramalan cuaca saat ini terukur secara ilmiah meski belum tentu pasti benar kejadiannya. Jadi semisal diperkirakan  akan terjadi hujan lebat, ada baiknya Anda menunda dahulu rencana untuk berpergian. Beberapa situs ramalan cuaca seperti Accu Weather sangat membantu untuk ini.
  • Jika terjadi perubahan cuaca mendadak, segera lakukan antisipasi. Kadang cuaca di tempat traveling mendadak penuh dengan mendung hitam. Jika sudah begini, segera menyingkir dan berlindung di tempat aman. Jangan meneruskan aktivitas di luar ruangan sampai cuaca dianggap cukup aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *