Jenis Makanan Sehat untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

By | 17 April 2019

Jenis Makanan Sehat untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Kesehatan Anda selama hamil sangat penting dijaga agar pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan bisa berjalan optimal. Jaga makanan yang dikonsumsi jangan sampai makan makanan yang tidak bersih atau jajan sembarangan. Ini jenis makanan sehat untuk dikonsumsi selama Anda hamil.

  1. Telur

Pada umumnya telur disukai dan tidak sulit untuk mendapatkannya. Telur yang merupakan menu sederhana memiliki banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil. Kandungan yang ada di dalam telur adalah omega3, zat besi, asam folat, dan juga kolin.

Kandungan kolin memiliki manfaat yang terbaik yaitu membantu perkembangan otak dan mengurangi risiko cacat saraf pada bayi di dalam kandungan. Anda bisa menjadikan telur sebagai lauk yang dimakan dengan nasi atau bisa juga merebusnya dan memakannya seperti camilan. Pengolahan telur bisa dilakukan dengan berbagai cara agar lebih enak.

  1. Ubi

Anda bisa memilih ubi sebagai makanan yang kaya serat, ada kandungan vitamin B6, C, zat besi, potasium, dan beta-karoten. Kandungan pada ubi  sangat baik untuk perkembangan mata, tulang, dan kulit bayi di dalam kandungan. Ubi ini murah dan bisa Anda olah menjadi apa saja. Bisa digoreng, dijadikan kolak, atau pun dijadikan bahan olahan bolu atau puding.

  1. Kacang-kacangan

Makanan yang baik untuk ibu hamil selanjutnya adalah kacang-kacangan dengan kandungan zat besi, protein, mineral, serat, kalsium, dan folat. Buat Anda yang sudah hamil konsumsi kacang-kacangan ini sangat tepat karena dapat membantu mengurangi terjadinya risiko kelahiran bayi prematur dan berat lahir rendah.

  1. Daging Tanpa Lemak

Anda yang doyan dengan daging jangan khawatir karena bisa mengonsumsi daging tanpa lemak yang sehat untuk perkembangan bayi. Kandungan protein yang ada di dalam daging akan membantu pertumbuhan bayi dan perkembangan bagian ototnya.

Perkembangan ini penting tidak hanya di dalam kandungan tetapi juga nanti saat sudah berada dilahirkan. Anda bisa mendapatkan kandungan vitamin B6 yang baik dengan manfaat untuk pertumbuhan jaringan dan otak bayi. Selain itu juga ada kandungan vitamin B12 yang  akan membantu menjaga kesehatan saraf dan sel darah merah.

  1. Yoghurt

Anda juga bisa mengonsumsi yogurt sebagai makanan sehat untuk ibu hamil. Yogurt memiliki kandungan vitamin B dan zat besi agar bayi tidak lahir dengan berat badan rendah atau pun prematur. Anda bisa mengonsumsi jenis atau produk yogurt apa pun selama tidak kedaluwarsa dan aman komposisinya. Perhatikan bagian belakang kemasan dan pastikan ada izin kesehatan.

Anda bisa juga mengonsumsi makanan di atas sebagai makanan agar cepat hamil sesuai dengan harapan. Pilihlah makanan yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan. Jaga kondisi kesehatan, jika ada yang membingungkan atau pun membuat Anda khawatir segera ke dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *