Apakah Bagian Persneling Mobil Anda Berbunyi? Ini Dia 3 Penyebabnya

By | 18 Januari 2018

Apakah Bagian Persneling Mobil Anda Berbunyi? Ini Dia 3 Penyebabnya

Berdasarkan dari informasi yang didapat, persneling adalah sistem roda gigi dan hidrolik yang berfungsi untuk memberikan tenaga ke bagian roda mobil dengan kecepatan rendah serta perputaran yang cepat. Dikutip dari berita otomotif terbaru, saat ini persneling terbagi kedalam 2 jenis. Ya, jenis yang pertama adalah persneling manual, dan jenis yang kedua adalah persneling otomatis. Mengenai persneling manual, sang pengemudi mobil akan mengganti gigi dengan sebuah tangkai. Disamping itu, ada beberapa keunggulan dari persneling manual seperti kinerja yang lebih ringan, mudah, dan irit bahan bakar.

Berbeda dengan kinerja persneling otomatis, yang dapat digerakan melalui teknologi komputer.Berbicara soal persneling, biasanya komponen mobil yang satu ini juga kerap mengalami masalah. Tentu saja permasalahan persneling ini akan berdampak buruk bagi kenyamanan dalam berkendara. Biasanya, permasalahan umum pada persneling ditandai dengan bunyi-bunyi seperti Gretek-gretek. Yang jadi pertanyaannya, apa penyebab persneling menjadi berbunyi? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak ulasannya dibawah ini mengenai 3 penyebab persneling menjadi berbunyi :

  1. Pelat Kopling Mengalami Masalah

Penyebab petama dari berbunyinya persneling, yakni dikarenakan pelat kopling mengalami masalah. Ya, bunyi tersebut akan muncul ketika anda memindahkan gigi transmisi. Disamping itu, masalah pelat kopling juga kerap membuat gigi transmisi sangat keras untuk dipindahkan sehingga timbul suara pada bagian persneling. Jika pelat kopling yang bermasalah ini tidak segera di ganti, maka hal ini akan berimbas pada komponen-komponen lainnya. Maka dari itu, segeralah ganti pelat kopling tersebut dengan yang baru.

  1. Ada Kerusakan Pada Bagian Bak Persneling

Penyebab kedua dari timbulnya bunyi dibagian persneling, yakni karena ada kerusakan pada bagian bak persneling. Hal ini juga tidak terlepas dari 2 faktor. Faktor pertama adalah mesin kekurangan oli, dan faktor kedua adalah pemakaian oli yang tidak cocok dengan kondisi mesin mobil. Sebagai solusinya, anda harus memakai oli merk ternama yang sudah terbukti kualitasnya.

  1. Ada Kerusakan Pada Bagian Kaki-kaki

Penyebab terakhir dari timbulnya bunti dibagian persneling, yakni karena ada kerusakan pada bagian kaki. Biasanya, salah satu komponen kaki-kaki yang berhubungan langsung dengan persneling adalah ball joint. Jika dirasa persneling anda berbunyi, maka ball joint tersebut sudah harus diganti dengan yang baru.

Itulah 3 penyebab dari timbulnya bunyi pada bagian persneling. Akhir kata cukup sekian dan terimakasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *