7 Hal yang Harus Ditinggalkan Saat Memulai Promil

By | 30 Juli 2018

7 Hal yang Harus Ditinggalkan Saat Memulai Promil

Apakah Anda masih mencoba mendapatkan momongan dengan promil hingga saat ini? Agar kehamilan mencapai titik optimal dan berhasil Anda harus tahu hal apa saja yang perlu dihindari sejak saat ini jua.

  1. Perhatikan Pelumas yang Anda Pilih

Banyak iklan pelumas vagina yang sengaja mengiming-imingi dengan aneka fungsi. Namun, sebaiknya Anda tidak tergoda begitu saja kemudian membeli dan memakainya saat melakukan hubungan intim.

Banyak studi yang menemukan bahwa pelumas dapat merusak sperma serta mengganggu kemampuan untuk berenang menuju rahim dan membuahi sel telur. Sebenarnya lendir serviks alami pada wanita sudah sangat ampuh untuk mengantarkan sperma menuju rahim.

Sedangkan pelumas yang ada di toko memiliki kadar keasaman tertentu sehingga dapat merusak sperma. Kekentalan pelumas yang dijual di toko membuat sperma sulit bergerak. Namun jika Anda terpaksa harus memakai pelumas, carilah pelumas yang ramah terhadap sperma. Keterangan ini biasanya terdapat pada kemasannya.

  1. Jika Anda sedang Menderita Sakit Tertentu,

Konsultasi ke Dokter tentang promil Anda Beberapa pengobatan tidak bisa dilakukan ketika program hamil karena dapat berpengaruh pada bayi nantinya. Sehingga konsultasi ke dokter adalah jalan yang tepat sebelum Anda hamil.

Penggunaan obat bisa saja dihentikan atau justru ada yang harus ditambah. Namun ada beberapa obat yang dapat membahayakan janin yang memang harus Anda hindari, seperti Isotretinoin (obat jerawat), coumadin (antikoagulan pencegah pembekuan darah), tetracycline (obat untuk infeksi), ACE inhibitor (obat hipertensi), dan obat migrain.

  1. Hindari Kafein Mulai Sekarang

Para peneliti sudah membatasi jumlah konsumsi harian kopi, yaitu 200-300 mg. Jika Anda penggemar kopi, bahkan tidak enak rasanya jika sehari tidak meneguk kopi maka Anda harus perlahan menghentikan kebiasaan ini sejak awal program hamil. Potong porsi harian konsumsi kopi Anda sedikit demi sedikit hingga mencapai jumlah yang ditentukan tersebut.

Selain kopi, ada juga yang mengandung kafein seperti produk herbal, sejumlah obat-obatan seperti obat alergi, flu, dan sakit kepala. Tak hanya itu, minuman cola dan penambah energi juga harus dihindari. Anda bisa mengganti minuman-minuman tersebut dengan susu atau minuman lain yang lebih aman untuk kandungan.

  1. Hentikan Minuman Beralkohol

Apalagi Kalau Anda tidak Tahu Sudah Mengandung Sudah banyak yang tahu bahwa alkohol sangat tidak dianjurkan untuk kehamilan. Pada minggu pertama kehamilan perkembangan janin akan sangat pesat.

Pasti Anda tidak mau pada minggu pertama tersebut justru mengalami keguguran, bukan? Alkohol ini dapat menyebabkan keguguran. Apalagi jika dikonsumsi saat pembuahan terjadi, maka akan mengancam gagalnya proses pembuahan tersebut. Sehingga sangat perlu untuk berhenti minum minuman beralkohol.

  1. Hindari Rokok Jika Tak Ingin Impotensi

Jika Anda meninggalkan rokok tentu tidak ada kerugian, justru hal ini bagus untuk janin dan kandungan. Rokok dapat menurunkan jumlah sperma. Anda harus menghindari rokok demi keberhasilan program hamil Anda.

  1. Menghindari Mandi Air Panas

Anda setiap hari mandi air panas? Hal ini memegang berkesan sepele, tapi siapa sangka mandi dengan air panas ini ternyata membahayakan. Agar dapat sehat, sperma harus berada di suhu dingin.

Jika Anda sering bersepeda, sauna, dan menggunakan celana ketat juga bisa membuat suhu testis menjadi lebih tinggi. Anda perlu menghilangkan kebiasaan ini. Sperma diciptakan dalam waktu lama, yaitu tiga bulan. Jika suhu testis selalu panas, hal itu akan menjadi sia-sia.

Sekarang Anda sudah paham apa saja yang harus dihindari saat menjalankan promil. Tinggal Anda saja mau melakukannya atau justru tidak pernah berusaha menghindarinya. Segeralah pindah ke gaya hidup sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *