6 Cara Agar Laptop Awet dan Tidak Cepat Rusak!

By | 2 Juni 2018

6 Cara Agar Laptop Awet dan Tidak Cepat Rusak!

(Sumber gambar: Shopee.co.id)

Saat ini, laptop sudah menjadi kebutuhan yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan banyak orang, khususnya para pelajar dan pekerja. Tidak heran sih, mengingat laptop tergolong lebih praktis ketimbang harus membawa PC untuk bepergian. Dengan alat elektronik canggih ini, kamu bisa membuat presentasi dan mengakses Internet secara lebih mudah.
Sayangnya, masih banyak dari pengguna laptop yang belum mengerti cara tepat untuk merawat komputer kecil ini agar tidak mudah rusak. Untuk itu, berikut kami rangkum 6 cara sederhana dalam merawat laptop secara baik dan benar. Yuk, simak informasi berikut ini!

1. Hindari Bermain Laptop di Atas Kasur

Ini dia salah satu kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan para pengguna laptop. Mungkin kebanyakan dari kamu menganggap sepele kebiasaan ini. Namun ternyata, bermain laptop di atas kasur bisa merusak mesin yang ada di dalamnya sehingga jadi cepat rusak, lho. Ketika menggunakannya di atas kasur, kipas laptop akan tertutup dan membuat sirkulasi udara di dalamnya terganggu. Hal inilah yang sering kali membuat laptop jadi over heat dan mati tiba-tiba. Mulai sekarang, coba hindari kebiasaan buruk ini, ya!

2. Membersihkan Debu

Guys, jika laptop jarang dibersihkan, debu akan menumpuk menjadi kotoran dan akhirnya sulit untuk dihilangkan. Debu tersebut dapat dengan mudahnya masuk ke dalam mesin dan mengganggu sistem operasi laptop. Itu sebabnya, coba rutin bersihkan laptop setiap harinya, ya. Tidak repot, kok! Kamu hanya perlu lap LCD dan keyboard laptop menggunakan kain bersih.

Jika kamu sering membawa laptop berpergian, disarankan untuk memasukkannya dalam tas laptop. Nah, kalau tidak punya tas laptop, kamu bisa beli tas pria keren berukuran besar sehingga lebih praktis dalam membawa komputer kecil ini.  Dengan  begitu, laptop kamu senantiasa terhindar dari tumpukan debu di jalanan, deh!

3. Hindari Mengunduh Sofware Ilegal

Selain melakukan perawatan pada fisik laptop, kamu juga perlu lebih hati-hati dalam mengunduh aplikasi dari Internet. Memang, Internet bisa menjadi jalan keluar untuk mendapatkan software secara lebih murah. Meski begitu, perlu kamu mengerti bahwa aplikasi yang ada pada Internet biasanya berpotensi memiliki virus yang dapat merusak sistem perangkat laptopmu. Untuk itu, coba unduh aplikasi legal dan tepercaya agar laptopmu tidak cepat rusak. Jangan ragu untuk membayar software yang kamu inginkan. Lebih baik siapkan anggaran untuk beli software yang dibutuhkan, ketimbang laptop rusak dan mati total, bukan?

4. Jangan Lupa untuk Shut Down

Perlu kamu mengerti bahwa laptop memiliki sistem mesin yang berbeda dengan PC. Jika biasanya PC mampu bekerja dalam waktu yang lama, laptop memiliki keterbatasan pada baterai. Jika dibiarkan terus menyala selama 24 jam akan membuat baterai laptop dalam keadaan panas dan lamakelamaan menjadi rusak. Itu sebabnya, jangan lupa untuk melakukan shut down jika laptop tidak  digunakan, ya.

5. Hindari Kontak Langsung dengan Matahari

Saat sedang menggunakan laptop di luar ruangan, usahakan hindari kontak langsung dengan cahaya matahari, guys. Sama halnya dengan produk elektronik lainnya, laptop juga sensitif terhadap panasnya cahaya matahari. Kebiasaan ini bisa membuat komponen di dalam laptop menjadi over heat dan akhirnya mengalami kerusakan. Nah, jika berencana untuk kerja di luar ruangan, sebaiknya cari tempat yang memiliki payung agar laptop terlindung dari panasnya sinar matahari, guys!

6. Hindari Laptop Terkena Air

Beberapa dari kamu mungkin pernah tanpa disengaja menumpahkan air pada laptop. Tentu saja ini sangatlah berbahaya, guys! Nah, laptop yang terkena air biasanya akan langsung mati total. Biasanya service center akan menganjurkanmu untuk mengganti motherboard yang membutuhkan budget cukup besar. Untuk itu, sebisa mungkin hindari ngopi atau makan sambil main laptop, ya!

Apakah kamu sering melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas? Mulai sekarang, yuk, lebih perhatikan perawatan laptop dengan menghindari kebiasaan tersebut. Semoga informasi ini membantu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *